Cara Terbaru Mengatasi

Informasi terbaru cara membuat, cara mengatasi dll

Cara Mengatasi Inflasi Lewat Kebijakan

Tinggalkan komentar

Seperti telah kita ketahui, inflasi adalah proses dimana suatu nilai mata uang dimata internasional menurunatau meningkatnya harga barang secara terus menerus dan berkelanjutan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti likuiditas di pasar yang bisa memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, konsumsi masyarakat yang meningkat atau juga bisa disebabkan karena distribusi barang tidak lancar. Inflasi itu sendiri dapat dibedakan menjadi 4 golongan. Yang pertama adalah inflasi ringan, yaitu bila kenaikan harga berada di bawah 10% setiap tahun. Tahapan yang kedua adalah inflasi dengan level medium, dengan ditandainya kenaikan harga yang terjadi diantara 10% – 30% per tahunnya. Kemudian yang ketiga adalah inflasi berat yaitu apabila kenaikan harga berada diantara 30% sampai 100%. Yang terakhir adalah hiperinflasi, terjadi ketika kenaikan harga berada di atas 100%. Dan untuk mengatasi semua ini, pemerintah di Indonesia bisa melakukan beberapa cara mengatasi inflasi.

Cara mengatasi inflasi dengan kebijakan moneter

Cara mengatasi inflasi yang pertama adalah dengan menggunakan kebijakan moneter. Kebijakan moneter ini akan membuat bank sentral mengendalikan peredaran uang yang beredar di masyarakat dan juga mengatur tingkat suku bunga dan kredit. Dalam kebijakan moneter, terdapat beberapa instrumen yang bisa digunakan untuk mengatasi inflasi. Yang pertama adalah dengan operasi pasar terbuka. Dimana operasi ini akan memberikan kesempatan bagi rakyat untuk membeli atau menjual surat-surat berharga milik negara. Dengan dilakukannya usaha tersebut, maka cadangan wajib bank umum menurun dan jumlah uang yang beredar di masyarakat akan berkurang sehingga pada akhirnya kenaikan harga bisa dihambat.

Instrumen yang digunakan kebijakan moneter sebagai cara mengatasi inflasi selanjutnya adalah dengan kebijakan tingkat suku bunga diskonto. Kebijakan ini akan mampu membuat Bank Sentral mengubah tingkat suku bunga diskonto yang harus dibayar bank umum atas dana pinjaman. Melalui tindakan tersebut, kredit investasi akan meningkat dan suku bunga investasi pada masyarakat menurun. Kredit investasi yang menurun akan menyebabkan juga pendapatan nasional menurun sehingga permintaan terhadap agregat juga akan menurun. Hal ini akan menyebabkan harga barang turun.

Kebijakan berikutnya sebagai cara mengatasi inflasi adalah dengan kebijakan cadangan wajib. Dengan diberlakukannya kebijakan ini, Bank Sentral bisa memberikan ketetapan cadangan wajib bagi bank umum yang ada di Bank Sentral. Dan jika Bank Sentral memberikan ketetapan cadangan wajib yang tinggi kepada bank umum, maka jumlah pasokan uang terhadap bank umum ini akan berkurang. Dampaknya akan menyebabkan peredaran uang di masyarakat berkurang, dan dengan begini harga-harga juga akan ikut turun.

Dan kebijakan terakhir yang merupakan instrumen kebijakan moneter sebagai cara mengatasi inflasi adalah dengan memberlakukan kredit selektif, dimana kebijakan ini akan membuat bank umum memperhatikan nasabah yang akan mengajukan kredit dari beberapa unsur dari nasabah tersebut. Unsur-unsur tersebut antara lain adalah unsur character, capital, collateral, conditionn of economy dan capacity. Dengan begini, nasabah tidak akan gampang mendapatkan kredit dari bank umum sehingga peredaran uang di masyarakat menurun yang akan berakhir pada penurunan harga barang. Selain kebijakan moneter, masih ada juga cara lain untuk mengatasi inflasi yaitu melalui kebijakan fiskal. Kebijakan fiskal ini lebih menyangkut ke pengaturan pengeluaran pemerintah dan perpajakan dimana akan dibuat jenis pajak-pajak baru, mengurangi pengeluaran pemerintah yang bukan menjadi prioritas serta mengadakan pinjaman pemerintah. Dengan 2 kebijakan ini, pemerintah akan mampu menekan lajunya inflasi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s