Cara Terbaru Mengatasi

Informasi terbaru cara membuat, cara mengatasi dll

Cara-mencegah-anemia

Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Tinggalkan komentar

Anemia seringkali menyerang ibu hamil. Anemia atau yang sering disebut sebagai penyakit kurang darah ini dapat menjadi hal yang wajar dalam batasan tertentu. Anemia pada ibu hamil ini akibat toleransi tubuh ibu terhadap kehamilannya dengan memperbanyak volume darah yang tanpa disertai perbanyakan dari sel darah itu sendiri. Sehingga sel darah yang terlarut menjadi menurun jumlahnya dibandingkan dengan volume darah. Namun jika terus dibiarkan tanpa mendapatkan penanganan, anemia pada ibu hamil ini akan mengakibatkan efek yang buruk untuk ibu dan janinnya. Oleh karena itulah sebaiknya ibu hamil mengetahui cara mengatasi anemiayang terjadi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara mengatasi anemia dengan pola makan

Cara pertama yang bisa dilakukan secara mandiri tanpa konsultasi tenaga kesehatan adalah dengan memperbaiki asupan nutrisi dengan melakukan diet tinggi serat, zat besi, dan asam folat. Diet disini tidak diartikan sebagai pengaturan pola makan untuk menurunkan berat badan, namun lebih kepada pengaturan pola makan dengan memfokuskan diri untuk memenuhi kebutuhan akan satu atau lebih zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Untuk cara mengatasi anemia ini bisa ibu hamil tempuh dengan konsumsi banyak sayuran hijau seperti bayam, tomat, kentang, kangkung, brokoli, sawi dan masih banyak yang lain. Aneka masakan ikan, tiram, kerang, daging merah, telur, kacang hijau, kacang-kacangan, dan nasi putih dapat menjadi solusi yang baik dalam menyelesaikan anemia. Diet ini juga harus diikuti dengan konsumsi susu khusus ibu hamil yang tinggi zat besi dan asam folat untuk memaksimalkan hasilnya.

Makanan untuk mengatasi anemia

Beberapa bahan yang harus dimaksudkan ke dalam menu ibu hamil sebagaimana aturan diet untuk meringankan gejala anemia pada ibu hamil bukan tanpa arti. Zat besi yang terkandung dalam beberapa jenis bahan makanan tersebut dapat mendukung pembentukan sel darah merah untuk menyeimbangkan kembali kondisi ibu. Seperti bayam yang ditiap 100 gramnya mengandung 6,43 mg zat besi nabati. Beberapa bahan lain dalam takaran yang sama memberikan kontribusi sebesar 5,24 mg untuk daging merah, 26,15 mg untuk kacang hijau, 7,97 mg untuk nasi putih, 5,91 untuk tiram, 3,39 mg untuk tomat, 2,7 mg untuk kentang dan masih banyak lagi yang lain. Cara mengatasi anemia dengan mengkonsumsi beberapa bahan tersebut dapat diyakini menjadi jalan terbaik karena bersifat alami dan tanpa efek samping bagi ibu hamil.

Ibu juga bisa mengkonsumsi buah kurma segar untuk memperbaiki keadaan anemia ibu hamil. Hal ini dikarenakan kurma mengandung zat yang tinggi gizi namun mudah dicerna. Konsumsi kurma juga bisa merangsang pembentukan sel darah pada ibu hamil dengan memberikan penyediaan energi dan penguatan otot-otot disekitar panggul dan rahim untuk menunjang kehamilan. Cara mengatasi anemia ini diketahui pula dalam merangsang kecerdasan janin selama masih dalam kandungan. Buah kurma meskipun manis namun tidak perlu khawatir akan terserang diabetes karenanya. Selain itu mengkonsumsi buah pisang, delima, jeruk, dan beberapa jenis buah yang lain bisa menjadi alternatif lain jika buah kurma susah didapatkan di daerah tempat tinggal ibu hamil.

Masih terdapat beberapa bahan herbal dan alami lain yang bisa dicoba oleh ibu hamil untuk mengurangi anemia kehamilan yang dialaminya. Bahan seperti madu dan kismis disinyalir juga bisa meredakan masalah kehamilan yang satu ini. madu murni yang sejak dahulu telah diketahui dapat memperbaiki kondisi kesehatan ini juga mengandung kandungan zat besi yang cukup dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu, kismis yang merupakan buah anggur yang telah dikeringkan ini juga ampuh dalam mengusir anemia dari dalam tubuh ibu hamil. Ada kalanya cara mengatasi anemia tersebut diimbangi dengan kontrol kehamilan secara teratur disertai dengan mentaati anjuran bidan atau dokter yang memberikan suplemen penambah darah pada ibu hamil.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s