Cara Terbaru Mengatasi

Informasi terbaru cara membuat, cara mengatasi dll

Cara-mengatasi-demam-secara-mandiri

Cara Mengatasi Demam Secara Mandiri

Tinggalkan komentar

Seperti yang kita ketahui, demam merupakan bagian dari penyakit yang umum dialami oleh setiap manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali bakteri serta virus yang mengintai kita semua sehingga jika tidak diperhatikan dan dibekali dengan daya tahan tubuh yang kuat, kita pasti akan mudah sakit dan menunjukkan tanda gejala ini. Demam merupakan tanda gejala dari satu penyakit bukan merupakan penyakit itu sendiri. Gejala demam dapat mengikuti penyakit seperti flu, demam berdarah, radang tenggorokan, diare, infeksi di sistem pencernaan atau pernafasan, peradangan, dan lain sebagainya. Kalau demam yang sering menyerang kita, kita harus segera waspada sehingga kita akan segera mengetahui penyakit apa sebenarnya sedang menyerang. Hal ini sangat penting supaya kita bisa mengantisipasi penyakitnya.

Cara mengatasi demam dengan banyak konsumsi minuman

Kenyataan bahwa demam merupakan suatu mekanisme tubuh untuk melawan suatu bibit penyakit harus dipahami betul dan dijadikan pedoman agar kita tidak mengalami kepanikan dengan kondisi demam yang menyerang. Menghindari kepanikan dapat menjadikan solusi terbaik yang dapat dilakukan untuk menjadikan kita sehat kembali.  Kita dapat dikatakan mengalami demam ketika suhu tubuh kita lebih dari 37,2 derajat celcius. Gejala ini akan sangat umum diikuti dengan keadaan lemas, gelisah, dan tubuh yang mengigil. Cara mengatasi demam yang pertama yang harus dilakukan adalah memberikan kebutuhan cairan untuk mencegah dehidrasi. Ketika kita demam akan cenderung mengalami dehidrasi akibat panas tubuh yang keluar disertai dengan pengeluaran keringat dingin dalam jumlah yang tidak sedikit. Kita bisa memberikannya air putih hangat, makanan berkuah, teh hangat atau air sari buah untuk kebutuhan cairannya.

Cara mengatasi demam dengan kompres air dingin

Kompres air dingin merupakan cara yang biasa dilakukan untuk mengalihkan demam dengan memanfaatkan distribusi pengaliran panas tubuh. Dalam hal ini kita bisa menyiapkan kompres untuk dipasang di kening untuk meredakan demamanya. Sering ganti lap kompres setiap kali telah menghangat dan pantau secara berkala suhu tubuh kita untuk mengetahui perkembangan tubuh. Cara mengatasi demam ini harus diikuti dengan pemberian suasana hangat disekitar lingkungan kita sendiri dengan memberikan selimut atau baju yang tebal sebagai penghangat tubuh. Tubuh kita yang mengigil merupakan pertanda kita melakukan kompesasi suhu tubuh yang panas dan kedinginan. Oleh karena itulah berikan suasanan hangat dengan pakaian yang berbahan lembut dan menyerap keringat untuk mendukung menurunnya suhu tubuh.

Cara mengatasi demam dengan banyak istirahat

Berikan waktu yang longgar pada kita untuk istirahat total. Ambilah cuti untuk mengistirahatkan tubuh kita dari rutinitas sehari-hari. Selain itu, jangan lupa untuk makan dengan makanan yang bergizi cukup dan mengandung banyak vitamin C untuk membangun sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Jika kita mengalami demam dengan kisaran suhu 380-390 celcius maka cara mengatasi demam selanjutnya adalah dengan memberikan obat pereda demam seperti golongan paracetamol sesuai dengan aturan pemakaian. Kita bisa mencarinya di apotik, apabila tubuh kita sudah terlalu lemas kita bisa minta bantuan ke orang lain atau telpon ke apotik yang ada pelayanan antar obat ke rumah.

Dengan cara pertolongan pertama seperti yang disebutkan akan efektif mengatasi demam dalam rentang waktu 2-4 hari. Namun jika demam yang menyerang tidak kunjung sembuh disertai dengan tidak adanya penurunan suhu, mual dan muntah, tubuh semakin lemas, nafsu makan berkurang drastis, dan keluar berbagai bentuk perdarahan dalam maupun luar, maka cara mengatasi demam secara mandiri bisa dihentikan dan segera ke dokter terdekat di lingkungan anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s