Cara Terbaru Mengatasi

Informasi terbaru cara membuat, cara mengatasi dll

Cara-Mengatasi-Biang-Keringat

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Saat Cuaca Panas

Tinggalkan komentar

Biang keringat merupakan masalah yang umum sekali menyerang bayi-bayi yang lahir di wilayah tropis. Terutama jika si bayi menghadapi cuaca yang panas dan aktif memproduksi keringat. Keringat yang tidak terserap dengan baik oleh pakaian bayi kemudian akan membentuk ruam yang disebut dengan biang keringat. Saat menderita biang keringat, bayi akan menjadi sedikit rewel akibat rasa gatal yang dialaminya. Sehingga para ibu harus segera menerapkan cara mengatasi biang keringat pada bayi untuk menyelesaikan kerewelannya. Pilihan seperti ini tidak bisa ditoleransi terutama jika bunda menginginkan sang buah hati memilikikualitas tidur yang optimal dalam mendukung proses pertumbuhan dan perkembangannya. Pastinya sang bunda akan memberikan yang terbaik untuk buah hatinya.

Penyebab timbulnya biang keringat

Biang keringat yang berupa bintik-bintik kecil kemerahan akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi bayi jika setiap kali tergeser dengan sesuatu, entah pakaian bayi atau tangan ibu. Ketika banyak sekali biang keringat disebabkan oleh produksi keringat bayi yang tidak diimbangi oleh pakaian yang mudah menyerap keringat. Oleh karena itulah, cara mengatasi biang keringat pada bayi yang pertama dalah melakukan koreksi pada pakaian bayi. Pakaian bayi haruslah terbuat dari bahan katun dan ketika cuaca cerah atau panas, kenakan baju tanpa lengan, tidak terlalu ketat dan tidak terlalu tebal pada bayi. Pakaian seperti ini akan mendukung aktifitasnya yang mungkin sedang belajar menggerakkan anggota tubuhnya. Selain itu, bahan katun dikenal mampun menyerap keringat secara maksimal dengan serat kain yang memungkinkan ventilasi udara.

Biang keringat pada bayi juga bisa disebabkan oleh karena sirkulasi udara di kamar bayi tidak tepat. Kamar bayi memang tidak harus dipasang kipas angin apalagi AC, namun cukup dengan jendela yang bisa memungkinkan angin dari luar ruangan masuk dan menyejukkan ruangan bayi. Jika memang udara sangat panas, kipas angin adalah solusi yang tepat untuk mengurangi produksi keringat anak yang berlebihan. Mengimbangi cara mengatasi biang keringat pada bayi adalah dengan menjaga kebersihan kulit bayi. Mandikan bayi secara teratur dan menyeluruh hingga 2 kali sehari. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri penyebab biang keringat yang mungkin berpotensi menginfeksi lebih parah dari pada sebelumnya.

Cara mengatasi biang keringat dengan bedak

Untuk meringankan rasa tidak nyaman, di setiap kali selesai memandikan bayi, keringkan tubuh bayi dengan sempurna dan lembut. Gunakan bedak gatal yakni bedak salicyl yang dicampur dengan air sebagai bentuk aplikasi cara mengatasi biang keringat pada bayi. Bedak salicyl ini kemudian akan memberikan sensasi dingin pada kulit bayi sehingga rasa tidak nyaman dan gatal yang dialami teringankan. Jika bedak salicyl tidak ditemukan, anda bisa menggunakan bedak tabur khusus untuk bayi dengan jenis mild untuk memberikan suasana kering setiap saat pada bayi. Bunda juga bisa memantau sang buah hati setiap saat untuk selalu memberikan bedak tabur in ketika bayi memproduksi keringat berlebih dengan mengelap keringatnya terlebih dahulu.

Cara mengatasi biang keringat dengan bahan alami

Selain terapi menggunakan bedak, terdapat beberapa bahan alami lain yang mungkin bisa bunda coba untuk mengatasi masalah kulit bayi yang satu ini. bahan alami tersebut seperti tepung kanji, dan tepung jagung yang diaplikasikan serupa bedak dingin pada kulit dengan biang keringat. Cara lain juga bisa menggunakan tepung sereal, bubuk cendana, bubuk ketumbar, dan bubuk tawas. Namun beberapa bahan alami ini tidak cukup disarankan karena berpotensi mengalami ketidakcocokan dengan kulit bayi terutama pada yang terserang biang keringat. Jika anda telah mengaplikasikan cara mengatasi biang keringat pada bayi namun masalah biang keringatnya semakin meluas, maka cara terbaik adalah segera membawa buah hati ke tempat praktik dokter, klinik atau rumah sakit. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi untuk menghindari kemungkinan terburuk yang bisa terjadi pada bayi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s