Cara Terbaru Mengatasi

Informasi terbaru cara membuat, cara mengatasi dll

Cara-mengatasi-demam-pada-anak

Cara Mengatasi Demam Pada Anak Dengan Tepat

Tinggalkan komentar

Pergantian musim yang tidak menentu ditambah dengan pola hidup yang tidak sehat serta tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur membuat tubuh rentan terhadap penyakit salah satunya demam terutama anak-anak yang terkadang mengkonsumsi makanan yang tidak bersih sehingga semakin rentan terhadap penyakit. Demam merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam jaringan imunitas tubuh dimana suhu tubuh meningkat drastis terkadang disertai dengan gejala lain seperti pilek, batuk dan lain-lain. Demam tidak berbahaya asalkan tidak menimbulkan dehidrasi, kesadaran yang menurun dan kejang. Oleh karena itu diperlukan penanganan yang tepat cara mengatasi demam pada anak. Ada berbagai cara mengatasi demam pada anak yang dapat dilakukan oleh ibu sehingga demam anak dapat teratasi dengan baik.

Cara mengatasi demam pada anak dengan mengkompres dahi anak

Cara mengatasi demam pada anak langkah pertama yang dapat dilakukan oleh ibu adalah dengan mengkompres dahi anak menggunakan handuk hangat, hindari penggunaan alkohol karena penggunaan alkohol pada anak terutama pada bayi akan berdampak buruk jika terhirup atau dapat juga diganti dengan alat kompres yang dapat dibeli di apotek terdekat. Kompresan air hangat langsung akan merasuk pada pusat tubuh sehingga mampu menurunkan suhu dikepala sehingga anak akan merasa jauh lebih tenang. Perlu diingat, untuk mengganti handuk atau alat kompres jika sudah dingin karena air dingin dapat akan menambah panas tubuh anak. Selain itu periksa terus suhu tubuh menggunakan thermometer sehingga mengetahui keadaan suhu tubuh anak. Suhu tubuh anak normal berkisar 36-37 derajat, lebih dari 37 derajat, ibu dapat memberikan pertolongan pertama seperti obat penurun panas.

Cara mengatasi demam pada anak dengan bahan tradisional

Memberikan obat penurun panas dapat dengan menggunakan obat penurun panas yang terbuat dari bahan kimia seperti paracetamol, ibuprofen dan lain sebagainya akan tetapi dapat juga menggunakan obat-obat tradisional dari tanaman obat yang lebih alami dan aman dikonsumsi anak karena bahannya yang seperti makanan sehingga dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Obat-obat tradisional mempunyai kelebihan dalam cara mengatasi demam pada anak yakni taksinositasnya yang rendah sehingga relative aman tanpa menimbulkan efek samping dengan harga yang relative terjangkau. Obat-obat yang dapat digunakan untuk menurunkan panas anak antara lain lempuyang dengan kandungan minyak atsiri untuk menurunkan panas tubuh, temulawak yang mengandung zat aktif xanthorrhizol, alpha beta curcumena dan juga germacrene serta zat lain yang bermanfaat sebagai antiperadangan, antibiotic serta meningkatkan produksi dan sekresi empedu sehingga tubuh kembali dalam keadaan normal.

Dapat juga menggunakan bawang merah yang dihancurkan dan ditambah dengan minyak zaitun sebagai salah satu cara mengatasi demam pada anak untuk memberikan rasa hangat pada tubuh anak. Selain itu juga terdapat sambiloto dimana semua bagian tanamannya dapat digunakan sebagai obat karena mengandung andrografolid lactones (zat pahit), diterpene, glucosides dan flavonoid yang dapat menurunkan panas. Selain memberikan obat-obat diatas, harus diimbangi dengan pemberian air putih yang cukup sebagai asupan mineral karena pada saat demam, tubuh anak banyak mengeluarkan cairan sehingga membutuhkan lebih banyak asupan mineral untuk mengganti cairan yang hilang tersebut. Dapat juga dengan memberikan air kelapa muda yang kaya akan mineral terutama kalium.

Selain cara diatas, ibu juga dapat memberikan pijatan lembut kepada anak karena pada saat demam, badan anak terasa tidak nyaman dan pegal semua. Pijatan yang lembut dengan menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon dapat mengobati pegal-pegal pada tubuh anak dan memberikan rasa nyaman sehingga anak akan lebih banyak beristirahat dan cepat pulih. Ketika dengan bijak menggunakan hal diatas sebagai cara mengatasi demam pada anak.tersebut sudah dilakukan dan suhu tubuh anak tidak juga menurun, segera periksakan anak kepada dokter untuk mendapatkan penanganan khusus, untuk mendeteksi lebih lanjut penyakit yang diderita anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s