Cara Terbaru Mengatasi

Informasi terbaru cara membuat, cara mengatasi dll

Cara-mengatasi-diare-pada-bayi

Pertolongan pertama dan Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Tinggalkan komentar

Diare adalah penyakit yang bisa menimpa siapa saja termasuk pada bayi. Bayi yang baru lahir biasanya memang rawan sekali terkena diare. Diare pada bayi mungkin kedengarannya sepele, tapi harus ditangani secara serius. Ada terdapat beberapa kasus diare pada bayi yang tidak ditangani dengan baik, akibatnya bayi pun meninggal. Tentunya anda tidak ingin kejadian ini juga terjadi pada bayi anda bukan? Oleh karena itu, penting sekali bagi anda para orang tua untuk mengetahui cara mengatasi diare pada bayi. Penting juga bagi anda untuk mengetahui pertolongan pertama apa yang bisa anda lakukan di rumah untuk mengatasi masalah diare pada bayi anda. Berikut ini adalah cara-cara mengatasi diare yang harus anda ingat.

Yang kita lakukan katika bayi terkena diare

Ketika mengalami diare, kemungkinan besar bayi akan mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan. Oleh karena itu, pastikan bayi anda untuk mendapatkan asupan cairan yang mencukupi. Kalau bayi anda tergantung dengan ASI, berikan cairan pada bayi untuk menjaga agar tubuh bayi tidak dehidrasi. Lalu langkah selanjutnya dalam cara mengatasi diare pada bayi yang bisa anda lakukan di rumah adalah dengan memberikan oralit. Anda bisa membuat sendiri oralit dari campuran garam, gula, dan air. Larutan oralit tersebut berfungsi untuk mengganti garam dalam tubuh yang hilang karena diare.

Pertolongan pertama cara mengatasi diare pada bayi

Pertolongan pertama cara mengatasi diare pada bayi yang bisa anda lakukan di rumah selanjutnya adalah dengan memberikan makanan yang mudah dicerna. Kalau bayi yang terkena diare sudah mulai makan makanan pendamping, berikanlah makanan yang mudah dicerna seperti nasi lembut, pisang, atau bubur. Jangan memberi makanan yang susah dicerna. Seperti yang terbuat dari sereal atau semacamnya. Sebaiknya juga, anda jangan lupa untuk memberikan air yang banyak pada bayi yang terkena diare. Air dapat meredakan rasa sakit pada perut sekaligus melepaskan gas yang ada dalam perut bayi.

Cara mengatasi diare pada bayi karena gigi mau tumbuh

Seringkali, diare terjadi pada bayi karena gigi yang mau tumbuh. Cara mengatasi diare pada bayi yang diakibatkan hal ini adalah dengan memberikan mainan yang cocok untuk bayi. Mainan tersebut haruslah aman untuk dikunyah. Atau anda juga bisa mengatasinya dengan memijat gusi bayi dengan menggunakan jari-jari anda untuk meringankan rasa sakit yang dirasakan oleh bayi. Lalu, kalau bayi anda sudah mulai makan makanan padat, sebaiknya hindari pemberian makanan berupa makanan berminyak, makanan yang tinggi serat, susu formula, dan keju karena akan semakin memperburuk keadaan bayi yang terkena diare. Jangan lupa pula untuk mencuci tangan anda dengan air hangat dan sabun setelah mengganti popok bayi anda untuk mencegah penyebaran infeksi.

Kalau anda sudah mencoba semua cara mengatasi diare pada bayi di atas, tetapi diare pada bayi belum juga berhenti, sebaiknya segera bawa bayi anda ke dokter. Biasanya diperlukan waktu sekitar 3 hari untuk perut bayi menjadi normal kembali. Tapi sebaiknya, kalau bayi anda mengeluarkan kotoran dengan bentuk yang encer setiap jamnya dan terdapat bercak darah pada kotoran, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius. Ingat, jangan menganggap diare sebagai sesuatu yang sepele. Terlambat dan lengah sedikit, bayi anda bisa kehilangan nyawa karena penyakit yang satu ini. Segeralah lakukan penanganan yang tepat ketika bayi anda terkena diare.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s