Cara Terbaru Mengatasi

Informasi terbaru cara membuat, cara mengatasi dll

Cara-mengatasi-rayap

Cara Mengatasi Rayap di Rumah Kita

Tinggalkan komentar

Rayap merupakan serangga kecil yang memiliki warna putih yang biasanya memakan kayu yang sudah lapuk. Tetapi bukan tidak mungkin juga kalau rayap memakan kayu yang masih bagus. Keberadaan rayap ini bisa dikatakan sebagai hama. Apalagi kalau rayap menyerang kayu yang ada di rumah kita. Hal ini jelas berbahaya karena sudah berkaitan dengan ketahanan rumah kita. Kalau ada rayap yang muncul di rumah anda, maka sudah jelas harus segera dibasmi agar tidak merusak bagian-bagian rumah. Berikut ini ada cara mengatasi rayap yang menganggu yang bisa anda coba terapkan di rumah anda. Cara yang digunakan pun mudah dan tidak memerlukan bahan yang aneh dan susah dicari.

Cara mengatasi rayap dengan minyak tanah atau tembakau

Cara mengatasi rayap yang pertama adalah dengan menggunakan minyak tanah. Cukup dengan menyemprotkan minyak tanah pada kayu yang diserang rayap atau bisa juga menyemprotkan minyak tanah di sarang-sarang rayap. Untuk cara yang lebih ampuh, campurkan minyak tanah dengan minyak serai. Selain itu anda juga bisa menggunakan tembakau. Tembakau dikenal dapat membunuh tungau yang biasanya menyerang anak kecil saat bermain di rumput. Tapi ternyata tembakau juga dapat digunakan untuk mengatasi rayap. Caranya adalah dengan mencampur tembakau dengan air kemudian didiamkan selama satu malam, sampai sari tembakau keluar sepenuhnya. Kalau sudah, semprotkan air campuran tersebut pada kayu yang terkena serangan rayap atau langsung ke sarang rayapnya.

Cara mengatasi rayap dengan garam dapur

Bahan selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi rayap adalah garam dapur. Untuk menggunakannya cukup mudah, yakni anda tinggal menaburkan garam di sarang rayap. Tetapi cara ini dikenal kurang efektif karena garam hanya akan mengenai bagian permukaan saja. Cara yang lebih efektif adalah dengan mencampurkan garam bersama air dan tembakau. Kemudian, diamkan campuran tersebut selama satu malam lalu semprotkan pada tempat-tempat yang didiami oleh rayap. Lalu, mulai sekarang air cucian beras jangan langsung dibuang begitu saja. Karena ternyata air cucian beras juga dapat digunakan untuk mengatasi rayap. Tinggal siramkan saja air cucian beras di sekeliling sarang rayap.

Cara mengatasi rayap dengan kapur sirih

Selanjutnya ada kapur sirih yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi rayap. Kapur sirih memiliki sifat panas yang dapat berbahaya sekali bagi rayap terutama yang memiliki kulit tipis dan lembut. Oleh karena itu penggunaan kapur sirih ini sangat efektif untuk membasmi rayap. Caranya pun sama dengan yang sebelum-belumnya, yakni dengan menyiramkan air kapur sirih ke kayu yang diserang oleh rayap atau langsung ke sarang rayapnya. Anda bisa juga menggunakan bahan kimia berupa termisida. Termisida telah dikenal ampuh untuk mengusir rayap. Sayangnya, bahan yang satu ini kurang baik untuk kesehatan kita. Lebih baik penggunaan termisida ini dihindari dan dijadikan sebagai pilihan terakhir kalau rayap sudah semakin merajalela.

Itu tadi merupakan beberapa cara mengatasi rayap yang bisa anda lakukan. Selanjutnya, kalau ada serbuk putih di perabotan atau bangunan anda yang terbuat dari kayu, segera semprotkan cairan pembasmi rayap. Sebaiknya juga anda memakai cat anti rayap untuk rumah dan perabotan anda, suapay rayap tidak menyerang anda di kemudian hari. Bagian kayu yang terlanjur dimakan oleh rayap, lebih baik segera dipindahkan supaya tidak menular ke bagian yang lain. Jangan lupa untuk memeriksa perabotan atau bagian rumah anda yang terbuat dari kayu dengan cara mengetuk-ngetuk kayu. Kalau terdengar seperti kosong, maka anda harus waspada dengan kemungkinan adanya rayap. Segera ambil tindakan sebelum rayap semakin merajalela.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s