Cara Terbaru Mengatasi

Informasi terbaru cara membuat, cara mengatasi dll

Cara-mengatasi-demam-berdarah

Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Demam Berdarah

Tinggalkan komentar

DBD atau Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk aedes aegepty. Nyamuk ini memiliki ciri-ciri dengan kaki belang-belang putih dan biasanya mengigit manusia di siang hari. Nyamuk ini membawa virus dengue yang menyebabkan manusia terkena demam berdarah. Virus dengue ini sendiri terdiri dari empat jenis. Yakni tipe 1, 2, 3, dan 4. Tapi yang biasanya ditemukan di Indonesia adalah tipe 3. Virus dengue bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada pembuluh darah kapiler dan juga sistem pembekuan darah sehingga muncul pendarahan. Demam berdarah bisa berakibat fatal dan menyebabkan kematian. Biasanya penyakit ini menyerang ketika pergantian musim. Penting bagi kita semua untuk mengetahui cara mengatasi demam berdarah agar tidak semakin parah.

Pertolongan pertama penderita demam berdarah

Untuk menangani kasus demam berdarah, sebenarnya hanya perlu untuk bermain dengan cairan. Maksudnya, penderita harus dipastikan tidak mengalami kekurangan cairan. Ini adalah cara mengatasi demam berdarah yang paling tepat. Pertolongan pertama yang bisa anda berikan adalah dengan memberikan minum yang banyak. Hal ini berguna untuk mencegah penderita terkena dehidrasi. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengompres penderita demam berdarah agar suhu tubuhnya segera turun. Gunakan air dingin dan handuk kecil untuk mengompres penderita demam. Kalau perlu, anda juga bisa memberikan obat penurun panas kepada penderita demam berdarah. Tapi ingatlah untuk memberikan sesuai dengan dosisnya.

Cara merawat penderita demam berdarah di rumah

Ketika terkena demam berdarah, seseorang memang disarankan untuk dirawat di rumah sakit. Tetapi sebenarnya bisa saja dilakukan perawatan di rumah. Cara mengatasi demam berdarah yang dijelaskan sebelumnya merupakan pertolongan pertama yang bisa anda lakukan. Selanjutnya, kalau anda memutuskan untuk merawat penderita demam berdarah di rumah, maka masih ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan. Seperti, selain memberikan banyak air putih untuk penderita demam berdarah. Jangan lupa pula untuk memberikan minuman pengganti ion. Karena ion tubuh pasti banyak yang hilang. Konsumsi pula jus jambu merah yang dipercaya dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Jangan lupa pula untuk makan makanan yang bergizi tinggi. Agar mempercepat proses penyembuhan.

Kalau penderita sudah mengalami demam lebih dari 3 hari tidak turun-turun, dan juga mengalami muntah-muntah terus menerus, itu berarti kondisinya sudah bertambah parah. Maka cara mengatasi demam berdarah yang harus anda lakukan adalah dengan segera membawa penderita ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut. Tetapi ketika dirawat pun, jangan lupa untuk memperhatikan obat-obatan yang disuguhkan. Biasanya anda akan diberikan obat untuk menurunkan panas serta vitamin dan antibiotik dalam bentuk tablet maupun disuntikkan dalam infus. Jangan lupa pula untuk memperhatikan hasil lab dari hari kehari. Kalau trombosit sudah semakin meningkat, panas tubuh sudah normal, maka itu berarti anda sudah sembuh.

Cara mengatasi demam berdarah dengan mencegah penyebarannya

Itu tadi merupakan beberapa cara mengatasi demam berdarah yang dapat anda lakukan sebagai pertolongan pertama. Selanjutnya, untuk mencegah terjadinya demam berdarah lagi, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara-cara ini tentunya sudah sering disosialisasikan dimana-mana. Yaitu dengan memberantas sarang nyamuk dengan cara menguras, menutup, dan mengubur barang bekas yang biasanya menjadi sarang dari nyamuk. Selain itu fogging atau pengasapan juga penting untuk dilakukan di lingkungan rumah anda. Tidak lupa pula, taburkan bubuk abate dalam bak mandi atau penampungan air untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. Dan terakhir, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s