Cara Terbaru Mengatasi

Informasi terbaru cara membuat, cara mengatasi dll

Cara-mengatasi-anak-ngompol

Cara Mengatasi Anak Ngompol dan Cara Menghadapinya

Tinggalkan komentar

Anak kecil belum bisa mengendalikan keinginan mereka untuk buang air. Sehingga tidak heran kalau masih ada anak yang mengompol meskipun sudah menginjak usia balita. Beberapa anak yang sudah memasuki sekolah dasar juga kerap kali masih suka mengompol. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Kebanyakan anak mengompol ketika sedang tidur, ini bisa jadi disebabkan karena respon anak yang kurang baik sehingga ia tidak bangun ketika merasa kebelet. Atau bisa jadi karena anak merasa takut untuk pergi ke kamar kecil sendiri. Meskipun sebenarnya wajar saja kalau anak kecil masih mengompol, tetapi tentunya masalah mengompol ini harus segera diatasi agar tidak menjadi kebiasaan buruk bagi si kecil. Berikut ini adalah cara mengatasi anak ngompol untuk anda para orang tua.

Cara menghadapi anak yang suka ngompol

Kalau anak anda suka mengompol, jangan lantas memarahinya kemudian memberikan hukuman. Hal tersebut bukanlah cara mengatasi anak ngompol yang baik. Yang ada anak malah akan merasa ketakutan dan kebiasaan mengompol pun tidak akan bisa hilang. Anak pun akan merasa stress dan trauma. Memang untuk menghadapi anak yang sering mengompol, dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Coba cari penyebab kenapa anak masih sering mengompol. Setelah mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah bagi anda untuk mengatasi masalah ngompol pada anak ini.

Cara mengatasi anak ngompol dengan berlatih menahan kencing

Cara mengatasi anak ngompol yang selanjutnya adalah dengan mengajari anak untuk menahan kencing beberapa saat. Dengan begitu ini akan melatih anak untuk lebih mengontrol dirinya ketika sedang ingin buang air kecil. Kandung kemih anak juga akan lebih terlatih untuk menahan air kencing agar tidak lepas begitu saja. Selain itu, sebaiknya kurangi minum soda karena dengan mengkonsumsi soda anak malah akan menjadi lebih mudah untuk buang air. Soda mengandung zat yang dapat merangsang keinginan kita untuk buang air kecil. Tidak hanya soda, hindari juga memberikan anak teh, cokelat dan semua minuman yang mengandung kafein yag bersifat diuretik. Selain itu, batasi juga pemberian minum pada anak ketika malam hari. Hal ini dapat meminimalisir resiko anak ngompol ketika sedang tidur.

Yang perlu dihindari pada anak yang suka ngompol

Mungkin ada beberapa orang tua yang menerapkan cara mengatasi anak ngompol dengan memaksa anak menggunakan popok atau celana bayi. Jangan seperti itu karena anak akan merasa diperlakukan seperti bayi. Meskipun masih kecil, tetapi anak kita bukanlah bayi lagi. Cobalah untuk mengajarkan anak lebih bertanggung jawab dengan perbuatannya. Misalnya, ajaklah ia untuk membersihkan bekas ngompolnya dengan baik-baik tanpa ada marah-marah. Dengan begitu, ia akan lebih mengerti susahnya perjuangan kita kalau harus membersihkan bekas ngompolnya. Ia pun akan menjadi lebih bertanggung jawab dan berusaha untuk tidak ngompol lagi karena ia sudah tahu bagaimana rasanya membersihkan bekas ompol.

Yang perlu disiapkan untuk anak yang suka ngompol

Cara mengatasi anak ngompol yang lainnya yakni dengan meletakkan pispot di dalam kamar anak. Biasanya, kebanyakan anak yang sudah tidur sendiri tidak berani untuk pergi ke kamar mandi sendirian di malam hari. Dengan menyediakan pispot, anak tidak perlu untuk keluar ke kamar mandi ketika merasa ingin buang air di malam hari. Selanjutnya, kalau anak sudah berhasil untuk tidak ngompol lagi, cobalah berikan beberapa pujian agar ia merasa bangga karena berhasil tidak mengompol lagi. Bagi anak yang berusia di atas 7 tahun tapi masih sering mengompol, biasanya diperlukan perawatan secara psikologis untuk mengetahui apa yang memicu anak masih sering mengompol di usia yang sudah tergolong besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s