Cara Terbaru Mengatasi

Informasi terbaru cara membuat, cara mengatasi dll

Cara-mengatasi-kram-dengan-efisien

Cara Mengatasi Kram dengan Efisien

Tinggalkan komentar

Anda semua pasti pernah merasakan yang namanya kram. Kram adalah kondisi dimana otot mengalami kejang secara mendadak dan akan terasa sangat sakit. Atau bisa juga disebabkan karena dehidrasi, sirkulasi mineral yang tidak merata, dan masalah lainnya. Kram biasanya berlangsung selama beberapa detik atau beberapa menit. Biasanya, bagian tubuh yang paling sering mengalami kram adalah kaki. Karena kaki menjadi penopang berat tubuh sehingga rentan mengalami masalah tekanan yang berlebihan. Kram yang menyakitkan biasanya terjadi pada bagian otot betis dan kaki. Kram bisa terjadi pada siapa saja termasuk kepada orang yang sehat. Kalau anda sering terganggu dengan masalah kram, berikut ini ada cara mengatasi kram yang bisa anda coba.

Cara mengatasi kram dengan pemijatan

Cara mengatasi kram yang paling populer dan efektif adalah dengan melakukan pemijatan. Karena dengan pemijatan, otot yang tadinya tegang akan menjadi lebih rileks. Pemijatan juga akan membuat mobilisasai jaringan menjadi lebih lunak sehingga merangsang sirkulasi atau aliran darh menjadi lebih lancar. Akhirnya, aliran darah dapat membawa oksigen dan nutrisi lainnya ke sel sehingga membantu membersihkan limbah metabolism termasuk asam laktat yang tertumpuk pada otot. Kalau anda merasa tidak berani untuk melakukan pemijatan sendiri, anda bisa meminta orang lain untuk memijat bagian tubuh yang mengalami kram. Lebih baik dipijat oleh orang yang lebih mengerti, agar tidak terjadi kesalahan dalam pemijatan.

Cara mengatasi kram dengan dikompres air hangat

Selanjutnya, anda bisa mengompres bagian tubuh yang mengalami kram dengan menggunakan air hangat. Ini adalah salah satu cara mengatasi kram yang mudah untuk dilakukan semua orang. Mengompres bagian yang kram dengan sesuatu yang hangat, dapat memperbaiki fleksibilitas tendon dan juga ligament. Tidak hanya itu, dengan mengompres bagian yang terkena kram, rasa sakit yang ditimbulkan akan sedikit berkurang. Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan aliran darah serta metabolisme dan mengurangi kejang otot. Hangat yang dialirkan bisa merangsang pelepasan zat endorfin yang mampu menghambat rasa sakit. Sebaiknya, suhu yang digunakan untuk mengompres berkisar antara 40-45 derajat celcius dengan durasi sekitar 5-30 menit.

Cara mengatasi kram dengan minum air putih yang cukup

Banyak yang berasumsi kalau kram juga dapat disebabkan karena kekurangan cairan. Maka sudah pasti mengkonsumsi cairan yang banyak merupakan salah satu cara mengatasi kram yang paling tepat. Terutama bagi anda yang gemar berolahraga. Pastikan anda mendapat asupan cairan yang cukup. Hal ini karena ketika sedang melakukan olahraga, akan terjadi peningkatan suhu tubuh pada seseorang. Sehingga konsumsi cairan pun harus lebih banyak dari pada biasanya untuk mencegah dehidrasi yang dapat memicu kram. Cairan yang disarankan disini adalah air putih. Seseorang memang diwajibkan untuk minum air putih yang banyak. Mengkonsumsi minuman pengganti ion juga diperbolehkan, untuk menggantikan ion yang hilang dari dalam tubuh.

Yang menghindari kram

Beberapa orang mengalami kram ketika sedang melakukan olahraga atau aktivitas berat lainnya. Maka cara mengatasi kram adalah dengan melakukan peregangan atau stretching. Peregangan adalah salah satu solusi jangka pendek untuk kram. Peregangan sebaiknya dilakukan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan olahraga. Ini merupakan bagian untuk pemanasan otot. Peregangan yang dilakukan tidak perlu yang berat dan aneh-aneh. Bisa hanya berupa jalan di tempat atau berjalan cepat saja. Kalau bisa juga, jangan berolahraga ketika sedang mengalami kram. Hal tersebut malah akan menyebabkan otot anda menjadi kehilangan lebih banyak oksigen. Disarankan juga untuk berolahraga di tempat yang sejuk, sehingga tidak akan memicu terjadinya kram.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s