Cara Terbaru Mengatasi

Informasi terbaru cara membuat, cara mengatasi dll

Cara-mengatasi-kebakaran-agar-tidak-menjalar

Cara Mengatasi Kebakaran Agar Tidak Menjalar

Tinggalkan komentar

Yang namanya musibah, pasti bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Salah satu musibah yang sering terjadi di sekitar kita adalah kebakaran. Kebakaran bisa diakibatkan oleh berbagai macam. Mulai dari karena kecerobohan manusia, atau bisa juga karena adanya kerusakan pada listrik sehingga menimbulkan api yang akhirnya membesar menjadi kebakaran. Kebakaran seringkali menimbulkan kerugian yang begitu besar. Apalagi kalau kebakaran yang terjadi begitu besar sehingga bangunan yang terbakar benar-benar rata dengan tanah. Korban jiwa pun bisa ditimbulkan oleh musibah yang satu ini. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi kebakaran yang perlu anda ketahui. Cara-cara ini memang tidak bisa menghentikan kebakaran secara tiba-tiba, tetapi paling tidak dapat membantu anda untuk meminimalisir kerugian.

Cara mengatasi kebakaran agar tidak menjalar adalah dengan tidak panik

Ketika kebakaran sedang terjadi, anda tidak boleh panik. Kondisi yang panik justru akan membuat anda menjadi bingung dan tidak bisa berkonsentrasi untuk menyelamatkan diri. Kalau api masih tergolong kecil dan belum menjalar kemana-mana, maka coba matikan api terlebih dahulu. Cara mengatasi kebakaran yang masih belum terlalu besar adalah dengan memakai karung atau kain yang dibasahi. Kemudian tutup area yang terkena api tersebut dengan menggunakan karung atau kain yang sudah dibasahi tersebut. Dengan begitu diharapkan api dapat padam dan tidak menjalar ke bagian bangunan lainnya. Atau kalau tidak sempat membasahi kain atau karung, gunakan cara biasa saja dengan menyiramkan air ke area yang tertutup api. Lakukan dengan cepat.

Yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran

Kemungkinan terjebak dalam bangunan yang sedang terbakar memang begitu besar. Apalagi kalau api dengan mudahnya menjalar ke area yang belum terbakar. Maka cara mengatasi kebakaran untuk meminimalisir korban jiwa yang bisa dilakukan adalah dengan segera mengevakuasi diri. Biasanya di gedung-gedung besar, disediakan alarm tanda kebakaran, anda bisa membunyikan alarm tersebut sebagai peringatan. Selanjutnya, evakuasi diri melalui jalur yang aman. Misalnya melalui tangga darurat. Jangan menggunakan lift karena cenderung kurang aman dan resiko terjebak sangatlah besar. Kalau misalnya anda terjebak dengan asap, coba cegah agar asap tidak masuk ke dalam saluran pernafasan anda. Bungkukkan tubuh anda atau tutup hidung dengan menggunakan kain atau tissue yang sudah dibasahi sebelumnya.

Cara mengatasi kebakaran dengan tabung pemadam kebakaran

Cara mengatasi kebakaran juga bisa dengan menyimpan tabung pemadam kebakaran. Biasanya di gedung-gedung besar anda bisa menemukan tabung ini dengan mudah. Tetapi, tidak ada salahnya juga kalau anda mau menyimpan tabung ini di rumah untuk antisipasi. Dengan begitu anda bisa memadamkan api dengan segera tanpa harus pergi mengambil air terlebih dahulu. Cara untuk menggunakan tabung ini adalah, cabut pen pengaman yang terdapat dalam tabung. Kemudian, pegang tabung denga sekuat mungkin. Ambil jarak secukupnya, lalu arahkan corong pemadam pada area api yang akan dipadamkan. Kemudian, tekan tuas pembuka dan lakukan gerakan menyapu dari satu sisi ke sisi yang lain sehingga api bisa padam.

Beberapa cara mengatasi kebakaran tadi hanya berfungsi agar kebakaran tidak semakin menyebar dan membesar. Cara-cara tadi juga berguna untuk meminimalisir korban maupun kerugian. Sebaiknya memang kalau terjadi kebakaran, segera hubungi pemadam kebakaran. Agar mereka bisa segera datang dan memadamkan api. Selagi menunggu pemadam, anda bisa menerapkan cara-cara di atas tadi. Yakni agar api tidak menjalar ke area lainnya. Waspadalah selalu dalam menggunakan api atau melakukan aktivitas di rumah. Agar tidak sampai memicu terjadinya kebakaran yang dapat menimbulkan kerugian yang begitu besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s